Permen | Permen Promosi | Candy Promotion

Bubble GumMemiliki senyum cemerlang adalah idaman semua orang. Namun, tanpa kita sadari makanan yang kita konsumsi dapat meninggalkan noda di gigi. Padahal makanan tersebut lezat dan menyehatkan.

Makanan yang dapat membuat gigi kusam adalah makanan yang sulit dihilangkan nodanya jika terlanjur menempel di karpet atau baju. Ada beberapa faktor penyebab makanan tersebut dapat mengurangi cerahnya senyum.

Pertama, warnanya yang pekat akibat mengandung chromogen. Molekul ini dapat menempel di gigi. Kedua, kadar keasaman yang dapat mengikis enamel gigi, sehingga warna makanan dapat menempel dengan mudah.

Ketiga, kadar tannin dalam makanan, yang semakin mempermudah melekatnya chromogen. Keempat, suhu makanan yang terlalu ekstrim. Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat membuat gigi mengembang atau berkerut, sehingga gigi menjadi rentan terkena noda.

Di bawah ini adalah contoh makanan yang dapat membuat gigi Anda kusam:

Kari
Kuah kental kari memiliki warna kuning kemerahan yang sangat intens akibat rempah-rempah yang digunakan di dalamnya.

Berry dan buah berwarna pekat
Blueberry, blackberry, ceri, delima merah, dan cranberry adalah contoh berry dan buah yang berpigmen pekat. Jika dimakan, baik dalam bentuk segar atau berupa makanan dan minuman,sarinya yang berwarna tajam akan tertinggal di gigi. Belum lagi kandungan asamnya yang dapat merusak enamel gigi.

Es loli
Warnanya yang cerah, rasanya yang manis, dan dingin segarnya membuat es loli jadi favorit anak-anak dan orang dewasa. Padahal, pewarna yang digunakan dapat menodai gigi, lidah, dan bibir. Kandungan gula yang cukup tinggi juga tidak baik bagi kesehatan gigi. Karena sangat dingin, es loli dapat membuat permukaan enamel gigi Anda terbuka, sehingga warna yang tertinggal bisa sampai ke dalam gigi.

Permen
Seperti es loli, permen dan permen karet juga mengandung pewarna. Apalagi permen yang memang dibuat agar meninggalkan warna pada lidah. Namun, permen tidak berkontribusi banyak pada kusamnya warna gigi jika tidak terlalu sering dikonsumsi.

Kecap
Kecap merupakan bahan yang sering digunakan dalam masakan tradisional. Ternyata warnanya yang pekat dapat menempel di gigi.

Saus tomat
Warna merah terang ditambah rasa asam pada saus tomat berbahaya bagi gigi putih Anda karena dapat meninggalkan jejak.

Balsamic vinegar
Gigi Anda bisa menjadi tidak cerah karena warna gelap cuka yang satu ini.

Bit
Bit dan sarinya berwarna merah pekat, makanya sering dijadikan pewarna makanan alami. Hati-hati memakannya, jika tidak Anda akan tersenyum dengan gigi berwarna merah.

Makanan di atas tentu sulit dihindari, baik karena kandungan nutrisinya atau karena rasanya yang lezat. Solusinya, bersihkan gigi Anda setelah memakan makanan tersebut. Misalnya, kumur-kumur dengan air, teh hijau, atau obat kumur, kemudian sikat gigi dan gunakan dental floss. Jika tidak sempat, kunyah saja permen karet bebas gula.

Anda dapat mengurangi dampak gigi kusam dengan memakan sayuran seperti bayam, brokoli, atau selada. Sayuran ini dapat melapisi dan melindungi gigi Anda, sehingga noda tidak dapat masuk ke pori-pori gigi. Atau, Anda bisa memilih alternatif makanan dengan warna yang tidak terlalu pekat. Misalnya, pilih es loli rasa lemon daripada rasa blueberry.

Permen Promosi 2012
Gigi Kusam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: